Silahkan Gabung Ke "Forum Berita Unik"

24 Oktober 2012

Sejarah Terbentuknya Negara Jerman Dalam Perang 7 Minggu

Latar Belakang 

Jerman yang kita kenal saat ini awalnya bukanlah sebuah negara besar, di awal tahun 1800 masehi jerman tebagi bagi jadi negara - negara kecil.

Negara - negara itu ialah :



  1. Prussia
  2. Austrian Empire
  3. Saxony
  4. Bavaria
  5. Baden
  6. Württemberg
  7. Hanover
  8. Flagge Großherzogtum Hessen ohne Wappen.svg Hesse-Darmstadt
  9. Hesse Hesse-Kassel
  10. Flagge Fürstentum Reuß ältere Linie.svg Reuss Elder Line
  11. Flagge Herzogtum Sachsen-Coburg-Gotha (1826-1911).svg Saxe-Meiningen
  12. Flagge Fürstentum Schaumburg-Lippe.svg Schaumburg-Lippe
  13. Flag of Herzogtum Nassau.png Nassau
  14. Flagge der Freien Stadt Frankfurt.png Free City of Frankfurt
  15. Flagge Großherzogtümer Mecklenburg.svg Mecklenburg-Schwerin
  16. Flagge Großherzogtümer Mecklenburg.svg Mecklenburg-Strelitz
  17. Flag of Oldenburg.svg Oldenburg
  18. Flagge Herzogtum Anhalt.svg Anhalt
  19. Brunswick
  20. Flagge Herzogtum Sachsen-Coburg-Gotha (1826-1911).svg Saxe-Altenburg
  21. Flagge Herzogtum Sachsen-Coburg-Gotha (1911-1920).svg Saxe-Coburg and Gotha
  22. Flagge Fürstentum Lippe.svg Lippe
  23. Flagge Fürstentümer Schwarzburg.svg Schwarzburg
  24. Flag of Germany.svg Waldeck
  25. Flag of Bremen (middle arms).svg Bremen
  26. Flag of Hamburg.svg Hamburg
  27. Flag of the Free City of Lübeck.svg Lübeck 
Dan diantara banyaknya negara - negara tersebut muncul 2 Kekuatan besar Yakni Austria Dengan Ibukota Wina Dan Prussia Dengan ibukota Berlin. Kedua negara itu saling menanam kan pengaruh ke negara - negara jerman lain yang lebih kecil dan kedua nya memiliki cita - cita yang sama yaitu mendirikan negara Jerman yang bersatu dibawah kekuasaan mereka

Prussia 


 

 
Prussia sejatinya adalah penerus resmi kerajaan Romawi karena ketika Romawi diambang keruntuhan dari serbuan bangsa Hun, orang - orang jerman datang ke tanah romawi dan meneruskan kembali Romawi itu setelah mengalahkan bangsa hun, Orang -orang eropa menyebutnya romawi jerman. Cita - cita prussia hanya satu yaitu mendirikan negara jerman yang bersatu.

Austria 



 

Austria merupakan Bagian dari Romawi jerman dulunya. Dengan nama provinsi Osterrich Yang berarti Negri timur, Namun setelah dikuasaui dinasty Habsburg Austria berhasil mendirikan kerajaan yang mandiri dan terlepas dari kekuasaan Tahta Romawi Suci. Beda dengan Prussia Austria Bukan hanya ingin Mendirikan Negara jerman yang bersatu Tapi juga ingin Menguasai Seluruh Balkan Termasuk Bangsa -bangsa yang non jerman lain nya.

Perang 7 Minggu

Orang - orang eropa menyebut ini Perang Jerman. Kedua negara jerman tersebut awalnya Bersaing hanya di bidang industri namun lama keamaan bersaing di militer dan akhirnya berujung pada persaingan menanamkan pengaruh ke negara - negara jerman yang lain.
 
Dalam persaingan itu Austria boleh dibilang paling unggul karna lebih banyak memiliki aliansi bahkan dengan negara - negara jerman yang besar seperti Bavaria, Hannover & Nassau
 
Selain itu mereka juga memiliki kekuasaan dari negara - negara yang non jerman seperti Hongaria, Cekoslowakia, Bosnia, & Kroasia. Sedangkan Prussia hanya mengandalkan negara - negara jerman yang relatif lemah dan juga sekutu nya italy yang saat itu baru menjadi sebuah negara. 
 
Namun karna merupakan warian resmi Tahta Suci Romawi Prussia Lebih Unggul dalam bidang militer. Karna Memiliki Banyak sekutu jerman Austria langsung membentuk Konfederasi Jerman Dan bukan hanya itu Austria juga ingin mengambil alih sekutu - sekutu Prussia.
 
Prussia pun tak bisa tinggal diam Otto Von Bissmark kanselir prussia pada saat itu memerintahkan angkatan darat nya untuk bersiaga menghadapi pasukan Austria dan sekutu jerman nya,



Italy Juga punya masalah dgn austria Yakni Vennesia wilayah yang Berbahasa Italy dicaploknya maka segera saat itu Italy pun melancarkan perang dengan Austria
 
Jalan nya perang 


 
  • 24 Juni, Pertempuran Custoza: tentara Austria mengalahkan tentara Italia; 
  • 27 Juni, Pertempuran Trutnov: Austria memeriksa terlebih dahulu Prusia namun dengan kerugian besar
  • 27 Juni, Pertempuran Langensalza: Hanover dikalahkan, Prusia Dapat Menguasai wilayah itu;
  • 29 Juni, Pertempuran Jicin: Prusia mengalahkan Austria 
  • 3 Juli, Pertempuran Königgrätz: Prusia menentukan kemenangan melawan Austria. 
  • 20 Juli, Pertempuran Lissa: armada Austria tegas mengalahkan satu Pasukan Italia; 
  • 21 Juli, Pertempuran Bezzecca: Jendral Italy Giuseppe Garibaldi "si Pemburu dari Pegunungan Alpen" mengalahkan tentara Austria. 
  • 22 Juli, (di hari terakhir perang), Pertempuran Lamac dekat Bratislava: Austria membela Bratislava melawan tentara Prusia.

Perang berakhir Dengan Kemenangan Prussia Dan dapat Menguasai seluruh Negara - negara Jerman Kecuali Austria tentunya. Italia berhasil mengembalikan tanah Venessia ke tangan mereka, Sedangkan austria yang mengalami kekalahan Kehilangan banyak wilayah jerman, Hongaria yang pada saat itu merupakan wilayah nya memberontak. Namun dengan segala keahlian Diplomasi nya raja Franz Joaseph I Berhasil meredakan konflik dan mendirikan Dwi-kerajaan Austria-Hongaria


Franz Joseph I


Lambang Austria



Lambang Hongaria 


Lambang Pemersatu

Setelah Berhasil Menguasai seluruh jerman hanya tinggal satu lagi tujuan prussia yaitu wilayah Alsace-Lorraine Wilayah Berbahasa jerman yang dikuasai perancis. Prussia pun berperang dengan perancis dalam Prusso-Franco War prancis kalah dengan memalukan bukan hanya direbutnya Alsace-Lorraine, Tapi juga Proklamasi Negara jerman di dalam Istana Versailles Istana kebanggaan perancis yang dibangun pada masa raja Louis XIV Hal yang merupakan Tamparan keras bagi Bangsa perancis. 



Demikianlah awal dari terbentuknya negara jerman yang kita kenal saat ini merupakan perjuangan yang besar dan sejarah yang panjang untuk membentuk sebuah negara yang Besar.
 

Artikel Lainnya



Belum ada komentar "Sejarah Terbentuknya Negara Jerman Dalam Perang 7 Minggu"

Poskan Komentar