Silahkan Gabung Ke "Forum Berita Unik"

4 November 2010

Jalur Pendakian Gunung Nokilalaki

Gunung Nokilalaki mempunyai ketinggian 2.355 Mdlp, berada di kec. Palolo, Desa Tongoa, Kab. Sigi Biromaru, Sulawesi Tengah yang berjarak lebih kurang 62 Km dari kota Palu ibu kota Sulawesi Tengah. Flora yang terkenal yaitu Ekualiptus dan Rotan, sedangkan faunanya adalah Anoa, Kupu-kupu, Monyet dan berbagai jenis burung.
Pencapain ke Gunung Nokilalaki :

Dari pelabuhan Pantoloan naek bis menuju terminal Mamboro Palu. Kemudian perjalanan dari terminal Mamboro Palu naek bis lagi ke terminal Petobo (SigiBiromaru), di sini anda dapat menyewa kendaraan seperti mobil, taxi, atau ojek yang akan mengantar anda langsung ke kaki gunung Nokilalaki (Desa Tongoa).
Keadaan jalur tiap pos :
KAKI GUNUNG - POS (SALTER) 1


Jalur menuju pos 1 melalui hutan rapat dengan jalan yang cukup licin karena lumut, di sepanjang jalan terdapat sawah dari warga - warga yang tinggal di sekitar kaki gunung, juga terdengar aliran air yang mengalir, perjalanan ke pos 1 memakan waktu sekitar 1 jam. Keadaan di pos 1 atau salter 1 terdapat sebuah basecamp yang khusus di buat untuk para pendaki yang ingin menginap semalam di pos 1. 
KET POS1 :
ketinggian : 322 mdpl
Suhu : 33 sampai 30 derajat celcius
Air : sungai deras.


POS 1 - POS 2


Perjalanan ke pos 2 di lalui dengan jalur yang agak sulit karena kurangnya Stringline, tanjakan yang terjal, dan menelusuri sungai kecil sampai sekitar 1500 meter, dari sini mulai menjauhi sungai dengan menerobos hutan. Berjalan melalui sela - sela pohon dan rotan, kemudian tiba di pos 2 dalam waktu 6 - 7 jam. di sini anda dapat menginap semalam jika di perlukan.
KET POS 2 :
Ketinggian : 1852 mdpl
Suhu : 28 sampai 26 derajat celcius / 24 celcius (jika hujan)
Air : sungai kecil (mulai menipis)


POS 2 - POS 3

Dari pos 2 ke pos 3 memakan waktu sekitar 2 jam. keadaan jalurnya membingungkan karena kurangnya
StringLine dan banyak terdapat jalur setapak yang bercabang - cabang. Saran saya jika anda masih pertama kali mendaki gunung ini gunakanlah Gaek (pemandu). Dari Pos 3 jika cuaca cerah kita dapat melihat panorama alam yaitu Danau Lindu yang berada di balik gunung Nokilalaki tepatnya di kecamatan Kulawi Kab. Donggala.   
KET POS 3 :
Ketinggian : 2044 mdpl
Suhu : 25 sampai 24 derajat celcius
Air : tidak ada.


POS 3 - PUNCAK


Dari pos 3 perjalanan ke puncak melalui punggung gunung dan sesekali terdapat tanjakan yang terjal. namun keadaan jalurnya sangat jelas terlihat. Dan sepanjang perjalanan kita dapat mendengar suara - suara Anoa, dan beberapa monyet yang menemani perjalanan. perjalanan di tempuh Selama kurang lebih 3-4 jam sebelum kita menggapai puncak Gunung Nokilalaki. keadaan di puncak gunung sangat lembab dan terdapat sebuah tugu yang menandakan titik tertinggi gunung Nokilalaki.
KET PUNCAK :
Ketinggian : 2355 mdpl
Suhu : 24 sampai 22 derajat celcius
Air : tidak ada



Waktu yang di habiskan dari Puncak ke kaki gunung sekitar 8 jam, dari kaki gunung berjalan kembali ke jalan raya tempat untuk menunggu angkot kembali ke Palu. jika ingin istirahat sejenak di kaki gunung terdapat sebuah warung makan.
ada baiknya sebelum mendaki dan setelah melakukan pendakian melapor pada pos penjaga kehutanan yang berada di kaki gunung.
Perjalanan dari kaki gunung langsung ke palu di tempuh sekitar 2 jam.









NB :



  • mobil dari desa Tongoa ke Palu agak sulit. sehingga kadang kita harus menginap lagi di kaki gunung sembari tunggu mobil yang lewat.
  • setiap tanggal 17 agustus di adakan upacara pengibaran bendera merah putih di puncak gunung. oleh KPA, MAPALA, dan SISPALA se-sulawesi tengah.

SELAMAT MENDAKI.
SALAM LESTARI.


Artikel Lainnya



2 komentar:

  1. tkanks salam kenal dari kami KPA GARIS Palopo

    BalasHapus