Silahkan Gabung Ke "Forum Berita Unik"

27 Agustus 2012

Sulawesi Siaga Bencana

http://badilag.net/data/petabadilag/images/propinsi/26.jpg

Hari raya idul fitri belum di mulai tapi gempa sudah lebih dulu datang, seperti itulah kira - kira kalimat yang pas untuk kondisi provinsi sulawesi tengah saat ini. Tepatnya sehari menjelang hari raya idul fitri atau lebih di kenal dengan malam takbiran, di saat orang - orang sedang sibuk mempersiapkan hari raya bagi umat muslim ini ternyata saudara kita yang ada di Kulawi, Lindu, dan sekitarnya harus mengalami mimpi buruk yang mungkin tidak akan mereka lupakan.


Gempa dan Tanah Longsor melanda desa - desa di sekitar danau lindu kabupaten Sigi. gempa berkekuatan 6,5 skala richter ini menghancurkan ratusan rumah dan akses transportasi.

Belum cukup dengan itu, jumat 24 agustus 2012 giliran kabupaten Parimo yang di terjang banjir bandang, kurang lebih 6 desa terendam.

Dan saat saya sedang menulis postingan ini, gempa juga terjadi di Manado akibat gunung Soputan yang meletus.

menurut data BMG memang pulau sulawesi adalah pulau yang rawan akan bencana gempa tektonik maupun vulkanik sebab daerah ini adalah pertemuan lempengan bumi. 

Di Kota Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, tercatat sebagai daerah rawan gempa karena memiliki aktivitas tektonik tertinggi di Indonesia. Penyebab utamanya tidak lain adalah karena di kota Palu terdapat patahan kerak bumi (sesar) berdimensi cukup besar, dikenal dengan sesar Palu Koro. Sesar itu memanjang mulai dari Selat Makassar sampai pantai utara Teluk Bone dengan panjang patahan sekitar 500 km. Di Kota Palu, patahan itu melintas dari Teluk Palu masuk ke wilayah daratan, memotong jantung kota, terus sampai ke Sungai Lariang di Lembah Pipikoro, Donggala (arah selatan Palu). 

Sesar yang merupakan pertemuan lempeng - lempeng tektonik di bawah perut bumi itu jenis sesar aktif. Sesar itu terus bergerak satu sama lain dan memiliki sifat pergeseran sinistral (pergeseran ke arah kanan) dengan kecepatan geser sekitar 14-17 mm/tahun.Pergeseran pada lempeng - lempeng tektonik yang cukup aktif di sesar Palu Koro membuat tingkat kegempaan di wilayah itu juga dikategorikan cukup tinggi. Catatan seismograf pada Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Palu menyebutkan, hampir setiap menit Palu dan Donggala diguncang gempa. Hanya saja getarannya kecil - kecil, dan hanya bisa dicatat seismograf.

Akan tetapi pada waktu - waktu tertentu, getarannya bisa besar, bergantung pada gesekan energi yang dikeluarkan dari sesar tersebut. Dengan kondisi patahan Palu Koro yangcukup aktif, dapat dikatakan setiap saat Kota Palu rawan diguncang gempa hebat.
 http://gedbinlink.files.wordpress.com/2008/12/arah-pergerakan-lempeng-di-sulawesi-saat-ini.jpg?w=300&h=288 
Peristiwa yang paling penting dalam sejarah geologi Indonesia terjadi dalam kurun Miosen, ketika lempeng Australia bergerak ke Utara mengakibatkan melengkungnya bagian timur, lengkung Banda ke Barat. Gerakan ke arah barat ini digabung dengan desakan ke darat sepanjang sistem patahan Sorong dari bagian barat Irian dengan arah timur barat, mengubah kedua masa daratan yang akan menghasilkan bentuk khas Sulawesi yang sekarang.

Artikel Lainnya



Belum ada komentar "Sulawesi Siaga Bencana"

Poskan Komentar