Silahkan Gabung Ke "Forum Berita Unik"

9 Agustus 2011

Mengenal Perancangan Elemen Halaman Blog

Setelah membuat blog dengan beberapa postingan yang sesuai dengan tema blog anda, tentunya anda ingin merancang tampilan blog tersebut sesuai dengan keinginan. Mengatur Kolom halaman atau menambahkan gambar pada judul blog anda.

Tutorial kali ini adalah Mengenal Perancangan/Desain Elemen Halaman Blog.


Langkah awal yang anda lakukan adalah emilih Link Rancangan pada dasbor blogspot anda.



Anda melihat tampilan menu seperti dibawah ini dan jangan berpindah ke link menu yang lain.


Dibawah ini adalah tampilan desain elemen halaman sebuah blog yang menggunakan template standar blogger 2 kolom. Akan saya terangkan bagian-bagian yang telah ditandai sesuai nomor, jika anda ingin melihat seperti apakah wujud asli dari blog yang memiliki elemen halaman seperti dibawah ini anda dapat melihat langsung DISINI.

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Keterangan:
1. Ini adalah bagian header/kepala blog, dengan mengklik tulisan edit anda dapat melakukan perubahan judul blog, deskripsi blog dan menambah gambar pada header blog.

2. Ini adalalah bagian tab menu, bagi anda yang menggunakan template blogspot standar terbaru, hanya dengan menambahkan gadget Daftar Link ataupun gadget Label maka akan terbentuk Tab menu horizontal secara otomatis.

3. Ini adalah bagian posting tempat dimana munculnya judul dan isi postingan serta berbagai keterangan tentang postinga tersebut. tanggal, penulis, komentar dll.

4. Link Edit untuk mengatur Postingan Blog, seperti mengatur jumlah postingan yang akan muncul di halaman utama blog dan pengaturan lainnya.

5. Ini adalah Kolom Bagian Kanan Blog atau biasa disebut Sidebar, dengan mengklik Link bertulisan Tambah Gadget anda dapat menambahkan Gadget sesuai keinginan pada Sidebar blog anda. Urutan Gadget dapat anda susun dengan mengeser/drag Elemen Gadgetnya sesuka anda.

6. Link edit untuk melakukan perubahan pengaturan pada gadget tersebut.

7. Ini adalah contoh gadget pada sidebar yang biasa digunakan pada blog personal, profil, pengikut, label, arsip blog dan daftar blog.

8. Ini adalah bagian bawah blog yang biasa di sebut Fotter blog, pada bagian fotter ini anda juga bisa menempatkan gadget yang anda inginkan, contoh diatas adalah fotter blog dengan tampilan satu kolom. jika ingin bagian fotter terdiri dari beberapa kolom anda bisa menggunakan template yang sesuai.

9. Ini adalah Baris Navigasi/Navbar dari blogger.com yang bisa anda rubah warnanya sesuai warna template blog anda.

Setelah anda mengerti bagaimana mengatur rancangan elemen halam dan telah melakukan perubahan maka anda bisa memilih tombol yg persis seperti gambar dibawah.


1. Pratinjau, untuk melihat perubahan sementara tampilan gadget blog.
2. Bersihkan Edit, untuk mengembalikan posisi gadget seperti sebelumnya.
3. Simpan, untik menyimpan setelan perubahan posisi atau penambahan  gadget element halaman blog.


Sumber: http://tutorial.bertuah.org

Artikel Lainnya



Belum ada komentar "Mengenal Perancangan Elemen Halaman Blog"

Posting Komentar